Pages

Sabtu, 29 Oktober 2011

AL-QURAN

Al-quran bagai lautan samudra yang berttaburan mutiara. Kita mendekatinya, maka kita akan mendapatkan kebaikan yang tidak terbilang. Semakin tekun orang menggali al-quran, semakin tenggelam ia dalam mutiara-mutiara yang terdapat didalamnya.
Al-quran akan selalu, bahkan selamnya bening tak terkotori olehkotoran apapun. Ia senantiasa menjadi nur (cahaya). Nur yang dapat menerangi para pencari kebenaran, dan ia akan selalu menjadi petunjukbagi manusia sampai hari kiamat tiba.

Sebagai wahyu yang Allah turunkan kepada nabi-Nya, tentu al-Qur'an memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri bagi para pembaca dan penggemarnya. Ayat-ayat al-qur'an yang kita baca sehari-sehari tidak lepas dari karunia Allah untuk setiap muslim yang demikian besar. Karena saking istimewanya al-Qur'an ini dari kitab-kitab samawi lainnya, Allah memberikan tempat istimewa bagi para pecintanya. Al-quran lahir kedunia ini sebagai solusi. Solusi semua persoalan mulai dari ideology, social, ekonomi, budaya, politik, pandidikan dan lai sebagainya. Sebagai mana firman Allah;  
 “kitab yang kami turunkan kepadamu, supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulitakepada cahaya teran- benderang dengan izin tuhan mereka, yaitu menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa lagi mahaterpuji” (QS.Ibrahim:1)

Ayat diatas menjelasakan bahwa al-quran adalh kitab yang penuh berkahdan memiliki banyak kebaikanyang melimpah dalam semua aspek kehidupan. Setiap ayat al-quran memberikan dampak yang melimpah karena al-quran merupakan tuntunan dan petunjuk untuk menjauhi keburukan dan kerusakan karena al-quran penyebab datangnya kebaikan dunia dan akhirat. Al-quran akan memberikan pemahaman kepada kita, maka kita harus dekat dengan al-quran. Dan semua itu akan terwujud bila berinrteraksi dengan al-quran sebagai mana firman-Nya:
“kamu umat islam, umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, karena kamu menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Dan beriman kepada Allah, sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Dan diantara mereka ada yang berimannamun kebanyakan dari mereka adalah orang yang fasih” (QS. Ali Imran : 110) 

Dan sebaliknya, bila kita jauh dari al-quran maka kita kan terpuruk dan jauh dari kebaikan dan keberkahan.

Ketika kita melihat jurang pemisah yangmenganga sangat lebar antara identitas sisten kehidupan dengan realitas kehidupan. Sebenanya tujuan al-quran diturunkan adalah akan kita semua mntadabburi dan mem,erhatikan ayat-ayat dan menjadi orang-orang yang berfikiran untuk mendapat pelajaran. Di antara manfaat itu adalah:

1. Ayat-ayat al-Qur'an yang dibaca setiap hari akan memberikan motivasi dan penyemangat bagi si pembacanya.

2. Ketika membaca al-Qur'an, Allah akan menegur diri kita pada setiap ayat-ayat-Nya.

3. Bacaan al-Qur'an yang melibatkan emosi akan memberikan kedamaian dan ketenangan yang tidak bisa dilukiskan, seperti yang dialami dan dirasakan oleh Sayyid Quthb Rahimahullah.

4. Orang yang membaca al-Qur'an akan senantiasa ingat Allah dan kembali kepada-Nya.

5. Orang yang membaca al-Qur'an akan selalu berada dalam kecukupan dan nikmat Allah meski ia merasakan serba kurang di dunia.

6. Ayat-ayat Alloh akan menjadi penjaganya selama ia hidup di dunia, karena ia telah menjaga ayat-ayat-Nya.

7. Orang yang paham al-Qur'an adalah orang yang memiliki banyak ilmu.

8. Orang yang membaca al-Qur'an bagaikan orang yang sedang menyelami samudera kehidupan, dan mengambil manfaat darinya.

9. Orang yang selalu akrab dengan ayat-ayat akan diberikan jiwa yang sejuk, hati yang damai dan pikiran yang jernih, sehingga membuatnya ingin selalu beramal, kreatif, inovatif dan produktif.

10. Orang yang membaca al-Qur'an akan selalu berada dalam kegembiraan dan penuh harapan, di saat orang lain merasakan kesedihan, kecemasan dan rasa pesimis. Karena diri mereka selalu dipompa dengan siraman ayat-ayat-Nya yang lembut.

11. Orang yang rajin membaca al-Qur'an akan selalu diberikan jalan kemudahan dan petunjuk sehingga tidak mudah untuk menyimpang dan menyerah karena ayat-ayat Allah akan selalu mengingatkan dirinya ketika dirinya 'tersandung dosa dan maksiat.'

12. Orang yang membaca dan menjaga al-Qur'an selalu berada dalam lindungan dan penjagaan Allah. Ayat-ayat al-Qur'an mengajak pembacanya untuk senantiasa berpikir, merenung dan beramal sebanyak-banyaknya. Dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang terus update dengan kondisi kehidupan kita...Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu belajar dan meningkatkan diri untuk lebih dekat lagi dengan al-Qur'an

Ironisnya kebanyakan dari kita membaca al-quran hanya karena keterpaksaan. Dan banyak dari manusia zaman modern sekarang ini tidak biasa memmbaca al-quran, sungguh aneh tapi nyata inilah realitas yang ada dizaman yang serba modern ini. Dan ada juga sebagian dari kita hanya sekedar baca tanpa mengetahui maksud dari ayat-ayat yang dibaca. Semua ini terjadi karenakita tidak menganggap al-quran sebagi pedoman lagi.

Seharusnya kita mentadabburi untuk merenung dan memerhatikan dengan seksamayang mengantar pembaca al-quran mengetahui makna-maknayang terkandung didalamnya dan menghadirkan kekaguman kepada pemilik ucapan, yaitu Allah SWT. Dengan mengimani kebenaran al-quran yang mutlak dan mengambil pelajaran-pelajaran yang terkandung didalamnya serta dapat menginplementasikan kaedah dan tuntunan yang di uraikan al-quran dalam panggung kehidupan kita. Dengan mentadabburi al-quran dengan sungguh-sungguh sehingga dapat membersihkan hati dan memproteksi jiwa serta menjadi solusi dalam setiap masalah.
wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar