Pages

Sabtu, 22 Maret 2014

Bauran Pemasaran Dalam Lintas Budaya


Beberapa hal dalam pemasaran internasional yang berkaitan dengan lintas budaya adalah :

ü Organisasi perusahaan

Terdapat tiga cara dalam menyusun organisasi agar produk yang dihasilkan mampu menembus pasar luar negeri antara lain:

1. Perusahaan tetap berada didalam negeri dan menjual produk keluar negerimelalui proses ekspor

2. Perusahaan dapat membuat perusahaan patungan dengan pihak dalam negeri pasar sasaran

3. Menbirikan perusahaan didalam negara dimana produk akan dipasarkan dan kepemilikan tidak dibagi dengan perusahaan dalam negeri

ü Rencana standardisasi

Perusahaan yang bermaksud memasarkan produknya diluar negeri perlu merencanakan standardisasi produk yang dihasilkan.dalam hal ini bukan berarti perusahaan harus membuat standar yang sama untuk setiap negara yang akan dimasuki, tetapi standar perlu dibuat walaupun tidak sama untuk setiap negara.

Berikut ini adalah unsur-unsur marketing mix yang perlu dimengerti oleh pemasar internasional dalam hubungannya dengan kebudayaan suatu negara :

1. Perencanaan produk

Perencanaan produk internasional terdiri atas empat jenis :

Ø Membuat produk yang sama untuk setiap negara tujuan

Merupakan strategi perencanaan produk yang akan dijual ke pasar internasional dengan menciptakan produk yang sama diselurh pasar luar negeri.

Ø Adaptasi produk

Pendekatan ini biasanya dipakai untuk prodek-produk yang memerlukan penyesuaian dalam ukuran karena ada ketidakcocokan pengguna.

Ø Pendekatan Backward invention

Pendekatan ini dipakai untuk memasarkan produk ke negara-negara yang berkembang.

Ø Pendekatan forwart invention

Pendekatan ini dilakukan terus-menerus untuk menciptakan produk yang unggul.

2. Perencanaan distribusi

Distribusi produk internasional memerlukan jalur yang panjang. Perusahaan yang ingin menjual produk kepasar internasional memerlukan jalur distribusi fisik dan penggerakan produk. Perusahaan bisa menjual langsung ke konsumen luar negeri atau bisa menggunakan jalur distribusi yang sudah tersedia di pasar sasaran. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan distribusi produk adalah jalur distribusi yang tersedia di negara tujuan, ketepatan menggunakan saluran distribusi dengan negara tujuan, biaya dan faktor lainnya.

3. Perencanaan promosi

Promosi yang di jalankan untuk produk-produk yang di pasarka di pasar luar negeri pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu promosi global dan lokal.perusahaan dapat memilih salah satu atau keduanya untuk dipakai. Misalnya, coca-cola menggunakan promosi lokal dan global untuk menciptakan citra mereka.

4. Penentuan harga

Harga atas produk yang tersedia dibayar konsumen tergantung pada nilai perkiraan atau aktual dari produk tersebut. Nilai barang yang diimpor dari negara-negara barat misalnya di anggap lebih tinggi di negara-negara sedang berkembang. Contohnya bahwa orang india menandang bahwa produk-produk impor lebih unggul dibandingkan dengan yang diproduksi secara lokal. Karena alasan inilah merek-merek inggris dan amerika dijual dengan harga mahal.

Sumber : buku Perilaku konsumen, karangan Nugroho J Setiadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar