Sejak dulu manusia selalu berkeinginan untuk bisa terbang. Dan selama bertahun-tahun banayak orang telah mencobanya, menjelang abada ke 20 mereka menciptkan berbagai bentuk mesin terbang. Mesin terbang berteknologi maju dibuat berdasarkan penelitian bertahun-tahun, tapi teknik yang digunakan manusia masih tertinggal jauh dengan mesin terbang yang ada di alam semesta yaitu burung. Sang pengarung angkasa, burung mampu terbang diketinggian atau meluncur dekat permukaan bumi dengan kecepatan tinggi atau lambat, dan mereka melakukannya dengan begitu sempurma dan penh keajaiban.
Merpati
termasuk burung yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari dan
tidak banyak menarik banyak perhatian orang. Padahal jika diamatai lebih dekat
akan kita dapati keajaiban penciptaan yang begitu mengesankan. Mari kita amati
ketika seekor merpati lepas landas dari permukaan dengannya akan kita dapati
berbagai taktik yang akan kita temukan, mula-mula ia meloncat tinggi lalu
menngakat kakinya ketika hendak landas dan mendorong udara dibelakangnya sekuat
tenaga. Burung yang lebih besar dari merpati tidak bisa melakukan dengan cara
yang merpati lakukan tidak lebih dari dua kali. Burung yang besar seperti abadrose tak mampu melakukannya sama sekali
tetapi mereka mekukana dengan cara lain yaitu melakukan kecepatan ketika
berlari sama seperti yang dilukakn oleh pesawat terbang. Saaat yang melelahkan
bagi burung adalah saat lepas landa.
Rangka
burung dirancang untuk memungkinkannya terbang, berjalan, bahkan berenang
dengan efektif dalam cara yang paling cepat dan paling efisien. Bagian rangka yang yang disebut lempeng dada
terdiri dari penyokong tulang sayap yang kokoh, dan meliputi tulang dada dan
tulang garpu yang khas pada burung. Tulang yang menopang sayap ini sangat kuat
dan bergabung bersama. Bulu ujung sayap menempel ke tulang-tulang
"tangan" gabungan ini. Korset panggul menyambung bagian bawah maupun
belakang untuk memungkinkan otot-otot kaki bekerja lebih tepat.
Para
evolusioner meyatakan burung adalah keturunan reptile, padahal model evolusi
yang berkembang tidak mampu menjelaskan satupun dari gerak tubuh burung yang
memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan hewan menyusui. Pertama , bagian yag
paling penting pada burung adalah
sayapnya, namun itu semua merupakan rintangan yang sangat besar untuk
menjelaskan teori evolusioner. Proses agar kaki
depan reptil dapat beralih
menjadi sebuah sayap tidak pernah terjelaskan dan tidak pernah terjawab.
Padahal
jelas sekali burung menampakkan perbedaan dengan reptile, karena burung memperlihatkan kerangka yang berbeda
dengan reptile seperti keraangka yang berongga, tulang yang bobotnya sangat ringan, memiliki
sisstem pernafasan tersendiri dan merupaka makhluk yang sangat berdarah dingin.
Bulu adalah yang paling terpenting bagi burung, bulu-bulu yang ada pada burung
saling berkaitan satu sa lainnya. Keindahan bulu merupakan cirri khas
tersendiri bagi burung. Setiap bulu burung memilik desain yang begitu
menakjubkan karena setiap bulu-bulunya samling berkaitan dan tertata secara
diagonal.
Rancangan
bulu pada burung juga telah membuat Charles Darwin bingung. Bahkan keindahan
bulu merak telah membuatnya sakit. Dalam sebuah surat yang ditulis buat
sahabatnya Asa Gray pada 3 april 1860, dia berkata “saya ingat benar ketika
renungan tentang mata membuat saya demam, tetapi saya telah pulih dengan
keadaan saya ini…” lalu lanjutnya.
“…..dan
sekarang bentuk yang sangat spele membuatku sangat tiddak nyaman. Pengamatan
tentang ekor merak, setiap kali aku memandangnya membuatku sakit!…”
“…..dan
sekarang bentuk yang sangat spele membuatku sangat tiddak nyaman. Pengamatan
tentang ekor merak, setiap kali aku memandangnya membuatku sakit!…”
“…..dan
sekarang bentuk yang sangat spele membuatku sangat tiddak nyaman. Pengamatan
tentang ekor merak, setiap kali aku memandangnya membuatku sakit!…”
Macam-macam
burung yang ditiru menjadi contoh pesawat adalah:
1. Burung
migrasi sebagai contoh pesawat jets. Sekelompok pesawat jet melakukan formasi
huruf V karena formasi terbang ini menghemat 20 % energy seperti yang dilakukan
oleh burung migrasi. Burung migrasi memanfaatkan aliran udara oleh burung yang
ada didepatnya, burung ini melakukannya secara bergantian dan mengepakkkan
sayapnya secara bersamaan.
2. Angsa
mendarat diair perish dengan pesawat terbang diair dan menggunakan kakinya
sebagai rem.
3. Burung
penghisap madu bunga digunakan sebagai pessawat helicopter.kepakan sayapnya 25x persetik, mata manusia hanya mampu
melihatnya hanya dalam waktu yang lambat. System penerbangan burung ini lebih
canggih dari helicopter.
4. Burung
bangau adalah ahli nafigasi yang paling unggul, bangau melakukan ribuan
kilometer pertahunnya.
5. Angsa
salju menempuh jarak yang begitu jauh tanpa peralatan apapun. Tapi pesawat
tempur menggunakan banyak alat seperti oksigen.
Teknologi
pesawat masa kini telah banyak dilakukan riset dan analisis selama ribuan
tahun, pesawat yang didisain dengan bantuan computer dengan mempertimbangkan
berbagai fajtor, akan tetapi tidak ada pengendali yang sempurna pada pesawat
terbang, dan pesawat terbang tidak bisa terbang laykanynya burung. Desaia yang
ada pada burung telah diciptakan oleh Allah sebagai mana yanga tersebut dalam
surat Al Mulk :19 yang berbubyai :”dan
apakah mereka tidak memperhatikan burung yang mengembangkansayapnya diatas
mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesunggughnya
Ia Maha Melihat Sesuatau”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar